Sabtu, 09 Juli 2016

Lizard Squad Gunakan Ribuan Kamera untuk Serangan Siber

WolipopDetik.Xyz: Grup hacker, Lizard Squad, ternyata tidak hanya menggantungkan diri pada sekumpulan PC yang terinfeksi malware untuk melakukan serangan siber.

Para peneliti di Arbor Networks baru saja menemukan bahwa grup hacker tersebut juga berhasil menanamkan malware ke ribuan kamera dan webcam lalu digunakan untuk membuat botnet. Botnet ini lalu dimanfaatkan untuk melakukan serangan Denial of Service pada bank, situs gaming, situs pemerintah dan penyedia layanan internet.

Lizard Squad Gunakan Ribuan Kamera untuk Serangan Siber
Lizard Squad Gunakan Ribuan Kamera untuk Serangan Siber (Video Source : metrotvnews.com)
Masing - masing kamera atau webcam ini mungkin tidak memiliki tenaga sebesar PC, tapi jika ribuan kamera digabungkan, ia dapat melakukan serangan yang cukup ampuh. Beberapa serangan yang dilakukan dengan ribuan kamera ini dapat membanjiri situs dengan 400Gbps data.

Menurut Engadget, alasan kelompok hacker itu menggunakan kamera atau webcam adalah karena kamera adalah target yang mudah untuk diretas. Biasanya, kamera menggunakan versi minimal dari platform seperti Linux, dan ia dilengkapi dengan fitur keamanan yang sangan minim. Salah satu alasan minimnya fitur keamanan pada kamera adalah karena keterbatasan hardware yang ada. 

Baca :
  1. Informasi Terbaru Seputar Teknologi Mutakhir (DetikInet)
  2. PastiIn Developer, Video Shooting, & Bimbingan Belajar Programming (www.pasti.in)

Selain itu, mereka juga memanfaatkan kebiasaan orang - orang untuk menggunakan detail login berulang kali dan jarangnya pengguna mengunduh patch keamanan. Semua hal ini membuat mereka mudah menginfeksi kamera dengan malware.

Penemuan ini menunjukkan keberadaan masalah keamanan dalam IoT (Internet of Things). Ketika semua perangkat terkoneksi ke internet, maka semakin sulit pula untuk memastikan bahwa semua perangkat tersebut memiliki software terbaru.

Sementara itu, pembuat hardware sendiri belum tentu selalu menyediakan software baru untuk memastikan perangkat tetap aman dari serangan hacker.

Serangan seperti yang dilakukan oleh Lizard Squad tampaknya akan menjadi hal yang biasa terjadi sampai keamanan dari berbagai perangkat yang terhubung ke internet dibuat menjadi lebih ketat.

Sumber : http://teknologi.metrotvnews.com/read/2016/07/04/551704/lizard-squad-gunakan-ribuan-kamera-untuk-serangan-siber
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts